UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI METODE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA KELAS VII D SMP NEGERI 7 PURWOREJO

Dimas Julijadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dalam pembelajaran bahasa Jawa dalam materi membaca nyaring pada siswa kelas VII D di SMP Negeri 7 Purworejo; (2)Peningkatkan hasil belajar bahasa Jawa dalam materi membaca nyaring melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas VII D di SMP Negeri 7 Purworejo.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, observasi, pelaksanaan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan guru bahasa Jawa SMP Negeri 7 Purworejo. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca nyaring. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa tes subjektif  dan instrumen  nontes berupa observasi, kuesioner, jurnal, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas isi dan reliabilitas interrater. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif diperoleh dari hasil tes membaca teks dan teknik analisis kualitatif diperoleh dari observasi, jurnal, kuesioner, dan dokumentasi . Hasil penelitian adalah keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Purworejo mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran membaca nyaring dengan metode NHT. Hal ini ditunjukkan dengan presentase ketuntasan dari tes prasiklus sebesar 43,75%, siklus I sebesar 65,62% dan siklus II sebesar 93,75%. Peningkatan kemampuan membaca nyaring juga terlihat dari peningkatan rata-rata presentase setiap indikator kemampuan membaca nyaring siswa dari  prasiklus ke siklus I sampai siklus II sebagai berikut: (1) Pelafalan dalam  membaca nyaring dari prasiklus sebesar 570, siklus I sebesar 615, ke siklus II meningkat sebesar 680, (2) Tekanan dalam membaca nyaring dari prasiklus sebesar 555, siklus I sebesar 605,  ke siklus II meningkat sebesar 665, (3) intonasi dalam membaca nyaring dari prasiklus sebesar 520, siklus I sebesar 610, ke siklus II meningkat menjadi 660, (4) Jeda dalam membaca nyaring dari prasiklus sebesar 580, siklus I sebesar 620, ke siklus II meningkat menjadi 670 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca nyaring siswa dapat ditingkatkan dengan metode NHT (Numbered Heads Together) .

 

Kata kunci: Membaca Nyaring, NHT (Numbered Heads Together)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.